Digital Marketing

7 Manfaat Memiliki Website Toko Online untuk Bisnis Anda

7 manfaat memiliki website toko online untuk bisnis Anda bisa membuat jualan online lebih profesional, mudah, dan tepercaya. Cek keuntungan dan manfaat lainnya!

Saat ini Anda mungkin memiliki kantor atau toko fisik, yang mengawasi semua operasi bisnis Anda dan distribusi produk Anda ke pelanggan. Namun jika Anda ingin menemukan cara untuk meningkatkan penjualan Anda lebih cepat, mengurangi biaya operasional bisnis Anda dan meningkatkan margin keuntungan untuk bisnis Anda, website toko online adalah cara yang efektif untuk Anda.

Internet adalah platform yang kuat yang memberikan kesadaran luas tentang website toko online. Ada jutaan orang yang menelusuri internet setiap hari, mencari produk dan layanan. Belanja online meningkat dari tahun ke tahun dan dipandang sebagai metode yang nyaman untuk membeli produk, di mana Anda juga dapat membeli kapan saja sepanjang hari.

Selain itu, website toko online memungkinkan Anda menggunakan berbagai teknik pemasaran digitaldan penjualan untuk memberi orang alasan ekstra untuk tetap berada di situs website Anda dan membeli produk Anda.

Jadi apa saja manfaat utama yang dapat ditawarkan website toko online untuk bisnis Anda?

1. Biaya Operasional Lebih Rendah

Biaya pembuatan website toko online sebenarnya lebih rendah daripada biaya operasional bisnis fisik. Seluruh sistem penjualan untuk bisnis Anda dijalankan secara online sehingga lebih efisien. Oleh karena itu, Anda akan menghemat karyawan, pengeluaran gaji, dan biaya bisnis lainnya, yang biasanya merupakan biaya seperti biaya listrik, sewa tempat, dan air. Uang yang telah Anda hemat kemudian dapat digunakan untuk mengembangkan website toko online dan rangkaian produk Anda lebih jauh. Situs web toko online juga akan membantu Anda memperluas pemasaran produk Anda lebih cepat dibandingkan bisnis offline.

2. Bisnis Dapat Dioperasikan Dimana Saja

Website toko online mengurangi batasan geografis apa pun yang biasanya Anda hadapi dengan bisnis berbasis kantor atau toko fisik. Anda bisa berada di mana saja di seluruh dunia dan tetap berhasil mengawasi bisnis online Anda. Alat penting yang Anda butuhkan untuk mengawasi website toko online Anda dari mana saja adalah; memiliki akses ke email, Internet dan telepon ataupun laptop.

3. Manajemen Produk Lebih Mudah

Website toko online sangat efektif untuk memungkinkan Anda menentukan produk mana yang berhasil terjual, untuk memastikan tingkat stok produk ini meningkat. Selain itu bagaimana produk yang sukses ini dapat didiversifikasi untuk mengembangkan rangkaian produk yang lebih besar untuk dijual melalui situs web. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengembangkan bisnis Anda dalam hal penjualan, basis pelanggan, dan keuntungan.

4. Tidak Ada Batasan Waktu Pembukaan Toko

Dengan website toko online, Anda tidak membatasi pelanggan potensial Anda, karena mereka dapat melihat situs web Anda kapan saja. Ini berarti sebagai pemeilik bisnis, Anda memaksimalkan penjualan dan keuntungan Anda. Bagaimana penjualan Anda dapat lebih dimaksimalkan? Anda dapat melakukannya melalui serangkaian inisiatif penjualan seperti penawaran khusus, voucher, promo, dan pemasaran online lainnya.

Strategi penjualan utama yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan online Anda mencakup upselling dan cross selling. Upselling melibatkan penawaran produk yang berhubungan langsung dengan produk yang baru saja dipilih pelanggan untuk dibeli. Produk dengan harga yang sangat rendah sehingga pelanggan tidak perlu terlalu memikirkannya, dan mereka biasanya menikmati pembelian yang baru saja mereka lakukan sehingga menjadikannya keputusan untuk langsung melakukan pembelian pada produk tersebut. Dengan melakukan ini, Anda mendorong nilai belanja rata-rata untuk naik.

Cross-selling memungkinkan Anda mendorong orang untuk membelanjakan lebih banyak uang dengan membeli produk tambahan. Ini biasanya terkait dengan produk utama yang dibeli pelanggan Anda. Di website toko online ini dapat dimasukkan sebagai, "Anda mungkin juga suka", "Beli 3 gratis 1", "Sangat cocok dengan Anda". Ini semua adalah teknik untuk meningkatkan pendapatan penjualan untuk bisnis Anda.

Anda juga dapat menggunakan berbagai inisiatif pemasaran yang kuat di situs web Anda untuk mendorong minat dari pelanggan baru seperti ajakan berlangganan newsletter dan memberikan penawaran khusus setiap waktu. Ini mendorong prospek untuk mengambil tindakan saat berada di situs Anda dan karenanya ini dapat meningkatkan tingkat konversi Anda dari pengunjung menjadi penjualan.

5. Penjualan Lebih Terukur

Anda mungkin berpikir bagaimana saya tahu ini akan berhasil, bagaimana saya mengukur hasilnya? website toko online sebenarnya sangat terukur dan dapat dilacak melalui sistem seperti Google Analytics. Anda dapat melihat statistik termasuk berapa banyak pesanan yang diproses melalui situs Anda, total keranjang rata-rata, tingkat pembatalan pesanan, dan persentase pendapatan total yang dicapai situs web Anda secara berkala.

Biaya iklan online juga lebih rendah daripada banyak bentuk iklan lainnya. Anda dapat menggunakan strategi Optimasi Mesin Pencari atau biasa disebut Search Engine Optimization untuk meningkatkan peringkat halaman situs web Anda di Mesin Pencari Google. Ini akan menjadi investasi bulanan berkelanjutan yang stabil. SEO adalah metode yang ampuh untuk mendorong lebih banyak pelanggan mengunjungi situs web Anda.

6. Tidak Memakan Banyak Waktu

Setelah Anda memilik website toko online, Anda tidak perlu menginvestasikan terlalu banyak waktu untuk menjalankannya. Pasalnya, seluruh proses pemesanan dan pembayaran pelanggan semuanya akan dilakukan melalui sistem online yang serba otomatis. Ini akan memberi Anda lebih banyak waktu untuk menentukan produk baru yang ingin Anda jual, penawaran khusus yang ingin Anda luncurkan, dan melacak seberapa sukses penjualan Anda. Anda juga akan dapat menentukan tren apapun dalam hal produk mana yang paling berhasil terjual.

Tak ketinggalan juga peningkatan pendapatan penjualan yang dilakukan oleh situs web toko online. Visibilitas produk yang dapat Anda peroleh melalui website toko online berarti bisnis Anda dapat mendorong pelanggan baru kapan saja sepanjang hari.

7. Margin Lebih Tinggi & Arus Kas Lebih Baik

Jika bisnis Anda terlibat dan menjual kembali produk orang lain atau biasa disebut dengan reseller, website toko online akan memungkinkan Anda menjual dengan margin lebih tinggi. Ini akan membuat keuntungan yang Anda hasilkan pada produk Anda semakin tinggi. Pesanan dan opsi pembayaran di situs web ini juga berarti Anda langsung mendapatkan pembayaran 100% dari pelanggan. Ini akan meningkatkan arus kas Anda, terutama ketika pelanggan biasanya memberi Anda pembayaran dalam beberapa kali cicilan.

Ada juga beberapa sistem pembayaran otomatis yang dapat Anda gunakan untuk website toko online Anda seperti; ShopeePay, DANA, GoPay, OVO, dan lainnya. Ini akan memastikan semua transaksi pembayaran Anda berhasil dilakukan dengan mudah, sehingga bisnis Anda menerima pembayaran secara efisien.

Itu dia 7 manfaat memiliki website toko online untuk bisnis Anda agar semakin berkembang. Anda bisa memulai membuat website menggunakan jasa pembuatan website dari Vuexy terlebih dahulu, memaksimalkan penggunaannya, dan rasakan banyak manfaatnya untuk bisnismu!